Lung Pa Pad Thai Kuliner Enak & Legendaris Bangkok

27580267_215104375715444_8728749983706120192_n-e1535898792191.jpg

Pad Thai adalah salah satu makanan khas Thailand yang paling terkenal dan disukai semua umur dan semua kalangan.

Bahkan Pad Thai berada pada urutan ke 5 dalam daftar World’s 50 most delicious foods readers yang di survey oleh CNN Go di tahun 2011

pad thai

Pad Thai adalah menu dengan bahan utama mie yg terbuat dari tepung beras seperti kwee tiaw, tetapi ukurannya lebih kecil, dilengkapi dengan telur, potongan tahu, kucai, tauge, dan udah kering. Untuk yang spesial bisa ditambah udang segar dan berbagai daging lainnya.

Yang membuat Pad Thai berbeda dengan mie goreng atau kwee tiaw ala Indonesia adalah adanya perpaduan kompleks citarasa gurih, manis, dan sedikit asam yang dapat menggoyang lidah anda.

Ditambah dengan adanya pelengkap kacang tanah cincang yang menambah sensasi renyah saat digigit serta perasan jeruk nipis untuk menambah keasaman dan bubuk cabe untuk rasa pedas.

Hampir sama dengan mie goreng Indonesia, penjual Pad Thai ada di mana-mana, mulai dari gerobak pinggir jalan, food court, restaurant mahal ataupun di rumah makan sederhana di pinggir jalan.

Jika kita meng google “the best Pad Thai” di Bangkok hasil yang keluar adalah sebuah restauran bernama “Thip Samai”. Saking terkenalnya tempat ini, bahkan 1 jam sebelum buka orang-orang sudah berbaris  mengantri dahulu.

Saya sendiri sudah  mencoba Pad Thai di Thip Samai, tetapi saya merasa itu bukan yang the best. Sampai suatu saat saya melihat di Facebook seorang teman orang Thailand asli yang sedang memposting foto sepiring Pad Thai yang tampak menggiurkan.

24862570_1539707222749307_290527373089027179_n_480x480_280x280

Setelah mengobrol dia memberi tahu bahwa dia merasa Pad Thai di situlah yang terenak, dan bukan di Thip Samai. Aha ! Itu yang membuat saya tertarik ingin membuktikannya.

Setelah mendapatkan infonya, ternyata ada fakta yang menarik bahwa tempat makan ini hanya berjarak 1 ruko dari Thip Samai ! Sama-sama berjualan menu yang sama ! Yaa mirip-mirip persaingan 2 mini market di Indonesia, bukan ?

Beberapa hari kemudian akhirnya saya berkesempatan untuk datang ke LUNG PA PAD THAI (Lueng Pha Pad Thai / Loong Pha Pad Thai) yang terletak dekat dengan Wat Saket – Golden Mount dan Loha Prasat –  Metal Castle.

Cara termudah kesana jika tidak memakai taxi adalah memakai perahu melewati khlongs – kanal dan kemudian berjalan beberapa menit. Anti macet dan murah meriah !

Dengan berbekal google map, setelah tiba di sekitar lokasi awalnya saya ragu yang manakah LUNG PA tersebut, karena saya menemukan sebuah tempat makan kecil dan sederhana.

Plang nama yang ada hanya bertuliskan huruf Thailand tanpa ada abjad Latin, dengan menu makanan terpampang di luar dengan huruf Thailand pula.

Setelah melihat foto-foto yang ada di google maps, akhirnya saya yakin tempat tersebut memang adalah yang dimaksud. Apalagi ditunjang dengan adanya bahan-bahan untuk memasak Pad Thai yang ada di meja luar. 

Rumah makan tersebut hanya berisi 7 meja dan 3 meja sudah terisi tamu. Di dinding banyak dipasang foto-foto kerajaan, termasuk almarhum Raja Bhumibol yang sangat dicintai rakyat Thailand.

IMG_0309_640x480

Untung mereka menyediakan menu dengan bahasa Inggris. Menunya sangat simple saja, Pad Thai dengan 4 varian serta beberapa jenis minuman. Harganya sangat murah, mulai dari 40 baht (Rp. 18.000) hingga 90 baht (Rp. 38.000)

IMG_0310_640x480
the best pad thai

Benar-benar to the point sekali. Saya memesan yang normal dengan telur dan teman saya yang normal saja Sayang  saat itu kita tidak memesan menu rekomendednya yang memakai daging kepiting dan dibungkus omelet telur.

Saat saya menunggu, tampak beberapa turis asing juga datang. Itu membuktikan bahwa tempat ini memang cukup terkenal . Karena sebelum ke sini saya telah membaca dahulu reviewnya di Trip Advisor dan beberapa blog lain.

IMG_0314_640x480.JPG

Jika reviewnya tidak bagus, tentu saya tidak akan mau datang ke sini. Atau mereka datang ke sini karena Thip Samai belum buka ? Entah…

Sebelum pesanan datang, saya diberi sepiring makanan pelengkap seperti tauge mentah, daun bawang dan jeruk nipis. Biasanya juga termasuk sepotong hati jantung pisang.

Ini adalah kebiasaan bagus dari Thailand yang membuat sehat agar tubuh seimbang selalu mengkonsumsi sayuran selain daging.

Tidak perlu menunggu lama, akhirnya 2 porsi pesanan datang. Pad Thai disini warnanya sedikit pucat dan memang porsinya tidak terlalu banyak. Sebelum makan jangan lupa untuk menaburi potongan kacang tanah dan sedikit bubuk cabai atau sambal.

Dari suapan pertama langsung terasa apa yang membuat tempat ini istimewa. Rasa pad thainya kaya dengan rasa lengkap, gurih, asam, manis, asin, pedas dengan tekstur kenyal, dan diperkaya dengan renyahnya taburan kacang tanah .

Memang rasanya cukup menonjol,  di atas  pad thai lain yang pernah dimakan dengan harga di kisaran yang sama.

thip samai pad thai

Jadi, untuk yang ingin mencoba pad thai enak dan murah tetapi tidak mau untuk lama mengantri , bisa datang ke Lhung Pa Pad Thai ini ! Worth to try !

pad thai

Lokasi :
Maha Chai Rd,
Seberang Wat Theptidaram, dekat Thip Samai
Khwaeng Samran Rat, Bangkok

Phone: +66 2 621 0082

Buka setiap hari, 10AM–2AM

Nonton videonya di sini :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s