Baan Su Hostel Bangkok

IMG_0131_800x600_556x600

Ada banyak jenis tempat penginapan di Bangkok, baik berupa hotel, hostel, apartement atau rumah biasa. BAAN SU adalah sebuah rumah yang difungsikan menjadi sebuah hostel di area pusat kota Bangkok dekat dengan stasiun  BTS Ratchatewi.

Terletak di tengah-tengah area perumahan penduduk, BAAN SU membuat kita hidup serasa menjadi warga lokal. Untuk turis muslim, di dekat Baan Su juga ada sebuah mesjid kecil dan ada beberapa kios yang menjual makanan halal.

uncle & auntie dengan tamu dari Taiwan

Yang menjadi istimewa dari BAAN SU adalah karena tempat ini dikelola orang 2 orang pasangan suami istri yang biasa disebut Auntie & Uncle. Keramahan Auntie dan Uncle sangat melekat sehingga membuat kita serasa datang berkunjung ke rumah keluarga sendiri.

Itu tampak dari banyaknya pesan yang tertulis di salah satu bagian tembok rumah yang di buat oleh para tamu yang sudah menginap. Banyak juga tamu dari Indonesia lho !

Karena Auntie pernah bekerja sebagai manager sebuah hotel bintang 5 di Bangkok, sehingga ia dan suaminya cukup pandai berbahasa Inggris. Sehingga sangat mudah untuk berkomunikasi dengan mereka.

Saat itu karena sedang traveling sendiri saya berkesempatan untuk menginap beberapa malam di sana. Saya mendapat kamar istimewa berupa sebuah cabin mungil berjendela yang terletak di halaman depan.

Dengan cat dinding berwarna pink, dalamnya sederhana saja, dengan sebuah tempat tidur, meja kecil dan rak menyimpan pakaian lengkap dengan AC dan wifi, tetapi toiletnya menyatu di rumah utama.

Untuk yang pergi berdua, keluarga kecil atau grup besar, ada banyak pilihan di sini. Tersedia kamar private dengan toilet di dalam dan toilet tambahan di luar yang bisa menampung untuk 2 hingga 8 orang.

Di lantai atas ada dak yang bisa dipakai untuk bersantai sambil melihat pemandangan sekitar. Tetapi karena Baan Su merupakan sebuah rumah biasa jadi tidak ada lift untuk naik ke atas. Sarapan yang disediakan juga hanya sebatas kopi atau teh. Interiornya juga biasa saja tidak instagramable.

Tapi di luar itu semua. Sekali lagi yang paling membuat berkesan adalah karena hubungan yang cair dengan Auntie dan Uncle. Pada saat saya di sana ada sekelompok turis dari Tiongkok yang ingin memakan Tom Yum buatan Auntie, sehingga pagi hari mereka berbelanja bersama ke pasar dan kemudian Auntie memasak untuk mereka dan menyantapnya bersama-sama.

kuliner halal dekat Baan Su

Mereka juga sering mengajak saya untuk ikut bergabung saat makan siang atau makan malam dan menawarkan aneka buah-buahan atau makanan ringan yang Uncle beli. Itu yang membuat saya betah di sini karena bisa jajan banyak penganan khas Thailand dengan harga yang murah.

Memang Baan Su bukan hotel bintang 5 tetapi pelayanan dan hospitality yang diberikan Auntie & Uncle layak diberi bintang 5.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s