Sim Card di Thailand

Mau liburan di Thailand dan bingung mau memakai sim card apa ? Tetap menggunakan nomor Indonesia, atau membeli nomor lokal ?

Pada prinsipnya jangan menggunakan kartu provider Indonesia jika di Thailand, untuk beberapa kasus, walau sudah mengkonfirmasi untuk pemakaian di luar negri pada Customer Service provider disini, tetapi pada saat pulang tagihan / billing anda bisa membengkak menjadi berjuta-juta rupiah.

Ada juga sebuah provider ternama yang menawarkan promo roaming seharga ratusan ribu rupiah untuk pemakaian beberapa hari. Hmmmm….. Jika anda tidak bermasalah dengan itu, silahkan saja memakai nomor Indonesia anda.

Tetapi untuk alasan efisiensi biaya, beli saja kartu lokal saat di sana,
tidak mahal dan dapat dibeli di mana-mana. Tidak usah takut nomor kontak untuk WhatsApp atau Line akan hilang, karena nomor anda saja yang akan migrasi, dan prosesnya pun gampang saja.

Untuk membeli kartu nomer lokal murah dan mudah caranya. Untuk yang akan mendarat di bandara Suvarnabhumi Bangkok ada 3 counter provider yang berbeda untuk melayani penjualan dan aktivasi kartu. Di area Arrival Hall on the 2nd Floor, Gate 7 .

 

Tetapi, seperti yang terlihat di 3 foto di atas, jika cukup banyak yang mengantri dan anda buru-buru, tidak usah takut, karena anda bisa membelinya di mini market mana saja. Sementara itu anda bisa memakai wifi gratis di airport dengan melakukan registrasi sederhana dulu.

Jika anda mendarat di bandara Don Muang / DMK, saat ini baru ada counter resmi dari True Move saja, dan itupun sering penuh dengan antrian. Jangan takut, ada beberapa toko yang menjual simcard dengan provider yang berbeda , tetapi untuk urusan harga semuanya sama.

 

Dan  anda juga dapat mendaftar untuk mendapat layanan internet gratis dengan jangka waktu tertentu dengan cara yang mudah.

Ingat, jika anda mendaftar untuk mendapatkan layanan internet gratis, catat / capture screen nama & password anda, sehingga pada saat anda akan terbang dari bandara manapun di Thailand, anda bisa mengakses internet wifi gratis lagi dengan cara login langsung.

Bagi yang akan mendarat di Phuket, di bandara tidak ada counter khusus yang menjual sim card, tetapi ada stand provider True Move yang membagikan sebuah sim card gratis sehingga anda dapat men top up nya nanti di counter tersebut atau di (mini) market terdekat.

Sim Card gratis ini juga dapat diambil ( jika stok masih ada ) di : Suvarnabhumi & Don Muang International Airport

Tetapi jangan mengharapkan banyak  dari sim card gratis ini, agar dapat berfungsi untuk mengakses social media, anda harus melakukan top up dahulu mulai dari 100B, atau sesuai kebutuhan.

Jangan bingung, bagaimana  membeli sim card di Thailand, karena semua mini market seperti 7/11 & Family Mart menjualnya , dan mini market tersebar ada dimana-mana.

Tetapi karena banyak karyawan di mini market tersebut yang tidak mengerti bahasa Inggris, jika anda mau membeli sim card, sebutkan provider yang anda inginkan, nanti biasanya kasir akan memberikan pilihan beberapa kartu. Sayangnya rata-rata semua tulisan di kartu itu berbahasa Thailand.

Untuk membeli sim card baru, anda harus membawa passport. Dan ingat, jangan membuang bungkus sim card, karena disitu banyak info yang dibutuhkan dan nomer telpon lokal anda.

photo 2Jika pengunjung sedang sepi , anda bisa meminta kasir untuk melakukan registrasi dengan cara anda masukan sendiri sim card ke HP anda, dan angsurkan HP ke si kasir.

Tetapi jika sedang penuh, sebaiknya anda lakukan registrasi sendiri. Memang terkadang butuh waktu beberapa menit hingga pengaktifan selesai dan bisa anda gunakan. Tersedia layanan dalam bahasa Inggris.

Untuk yang akan men top up pulsa, anda tinggal memberitahu kasir berapa jumlah yang diinginkan, nanti anda akan mendapat struk pembayaran dimana disitu ada kode yang harus anda sms untuk melakukan top up.

Jika anda mendapatkan sim card gratis True Move, sudah ada kertas “Top Up Instruction Card” dengan tulisan pilihan jumlah top up yang dapat anda lakukan, mulai dari 100,300 atau 500baht . Tinggal tunjuk tulisan pilihan jumlah itu ke kasir, nanti dia akan melakukan top up langsung

Tapi ingat, jika anda ingin menggunakan paket tertentu, anda yang harus mengisikannya sendiri, sama sistemnya seperti di Indonesia. Bukan hanya dengan top up saja dan selesai. Untuk True Move pemakaian internet harian itu @50B.

Untuk yang memakai micro sim,  tidak usah repot membawa sim cutter karena sim card ukuran standar sudah dilengkapi fasilitas untuk “dipotek” dengan tangan kosong agar dapat menjadi ukuran micro.


Ada 3 provider utama di Thailand beserta layanan / paketnya yang bisa anda pilih (biasanya ada jangka waktu tertentu, update ini di bulan April 2015) :

TRUE MOVE

true move 299Provider ini mendapat banyak review bagus, jangkauan luas dan mempunyai bonus servis wifi gratis di lebih banyak area.

Untuk yang akan liburan di Thailand selama 7 hari dan membutuhkan kartu yang bisa berselancar internet tanpa batas, paling cocok anda menggunakan kartu seharga 299B ini.

true move 49bTetapi jika anda hanya akan berlibur sekitar 3 hari saja, dan merasa rugi membeli paket untuk 7 hari, anda bisa membeli simcard biasa seharga 49B dan kemudian melakukan top up sendiri sesuai kebutuhan. Foto packing simcard dapat berbeda-beda, tetapi harganya selalu sama.

Nah jika anda membutuhkan kuota internet lebih atau ingin menelpon lebih lama, anda tentu harus melakukan top up dulu. Pilihannya adalah :

true move top up

Jika anda hanya ingin bisa exist di soc med selama beberapa hari saja, ada paket ini  :

true move unlimited socmed

true move soc medTetapi jika anda hanya ingin bisa exist di soc med dengan budget minim, ada sim card yang paling hemat ini , plus diberi pulsa sebesar 20B .

Kemarin juga membeli simcard ini dan tidak mengecewakan,  Tetapi ketersediaan kartu ini agak jarang, setelah mencari di beberapa 7-11 setelah hari ke4 baru bisa mendapatkannya.

Untuk keterangan lain dan lebih jelasnya, lihat webnya di sini

Dtac / Happy

Hampir mirip dengan True Move, menyediakan sim card untuk turis dengan paket lengkap seharga 299B untuk internet seminggu atau basic 49B

Happy Tourist SIM – 49 Baht :

• Get total calling credit 15 Baht valid for 35 days
• Unlimited Happy internet free for the first day after activation.

Untuk yang membutuhkan top up bisa memilih ini :

dtac happy internet

Untuk yang membutuhkan Social Media package saja :

dtac unlimited social

Kemarin juga mencoba simcard ini untuk mencoba promosi Free WA,FB & Line. Walau sudah diaktivasi di kantor DTAC, tetapi koneksinya agak mengecewakan.

dtac smartphone sim

Untuk yang mau memakai Dtac, ada info step by step aktivasi yang detail di sini.

Kartu AIS 12CALL Thai Telecom

Menyediakan berbagai sim card perdana dengan berbagai ukuran, kemudian tinggal top up sesuai kebutuhan.

ais299
paket lengkap internet & telpon/sms.
ais
perdana dengan beragam ukuran
ais value
top up sesuai kebutuhan

Jadi, selamat mencoba kartu provider lokal !

Baca update terbaru tentang SIM CARD di Thailand