Tajil Maknyooss di Thailand

Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa Islam adalah agama ke dua terbesar di Thailand, setelah Budha. Mayoritas penduduk muslim tinggal di daerah Thailand selatan mulai dari Phuket, Phi-phi island, Krabi hingga ke ujung provinsi seperti Hat Yai.

Untuk yang akan mengalami puasa di Thailand , khususnya Bangkok, walaupun mungkin terasa berat karena cuaca yang panas dan suasana yang tidak seperti di Indonesia, semoga itu tidak menjadi alasan untuk tidak berpuasa.

Oleh karena itu untuk yang akan berpuasa dan ingin berbuka dengan tajil seperti kebiasaan di Indonesia, kami pilihkan beberapa pilihan sajian yang enak dan menyegarkan yang dapat dinikmati disana.

* semua menu disini sudah dicoba dan langsung membuat ingin terbang balik ke Thailand 


1. Khao Nieow Ma Muang (Thai Sticky Rice & Mango atau bisa juga Durian)

Ini adalah salah satu signature dishes dari Thailand, dimana kita akan merasakan betapa enak dan segarnya buah mangga (atau Durian) dan perpaduan antara ketan dengan saus santan.  Paling enak memakan dessert ini langsung di Thailand karena rasa dan tekstur mangganya sangat khas. Sungguh pas sebagai tajil karena menyegarkan sekaligus mengenyangkan !

Dapat dinikmati di berbagai tempat / restauran, seperti di Food Court mall besar, atau di gerobak makanan pinggir jalan. Tetapi yang paling terkenal ada di cafe “Mango Tango” di area Siam Square, atau Chatuchak (dan di beberapa cabang lainnya). Heavenly !dsc_9997

2.Nam Kang Sai (Mixed Ice Dessert)

Bisa diartikan seperti Es campur dimana ada es yang diserut kemudian kita bisa menambahkan berbagai macam topping sesuai selera, seperti berbagai macam jelly, buah kering, kacang, jagung, sari kelapa  ataupun sejenis cendol / cingcau. Kemudian disiram sirup manis. Variasi warna dari berbagai toppingnya pun  sangat “eye catching“.

Dapat dinikmati di berbagai tempat, seperti di Food Court mall besar, atau gerobak pinggir jalan di Bangkok di jalan seperti di Sukhumvit 38, atau di jalan Rambuttri dekat Khao San Road.

food10

3.  Thai (Banana Chocolate) Pancakes

Mirip dengan martabak asin di Indonesia, dengan lapisan kulit yang kering dan renyah tetapi tidak diisi daging, melainkan berbagai macam varian rasa, yang terkenal adalah dengan pisang atau coklat. Anda bebas mau memilih topping apapun saja, dari selai kacang, nutela, strawberi, dll. Cocok dinikmati dengan segelas Thai Tea !

Gerobaknya banyak ditemukan di pinggir jalan, di kota besar ataupun di pinggir pantai sekitar Patong, Pattaya, Krabi, dll.snack2

4. Chao kuai (mixed grass jelly)

Paling familiar bagi orang Indonesia, ini adalah cingcau hitam yang dipadu dengan es serut, kemudian ditambah palmsuiker/brown sugar. Bisa juga ditambah topping seperti nangka, sari kelapa atau water chesnut.

Segarrr dan mengenyangkan !!!Yang terkenal ada di Chatuchak Market Section 3 Soi 1, dan sebuah gerobak artistik di Siam Square areadessert65. Itim Kati (Coconut Ice Cream)

Merupakan salah satu best seller di Chatuchak market, disini sebuah kelapa akan dipotong setengah bagian dan kemudian diberi es krim yang bisa ditaburi kacang. Diberi juga segelas air kelapa untuk melancarkan kerongkongan anda. Memberi rasa “nyesssss” di tengah panasnya Bangkok. Lokasinya di area  menuju stasiun MRT, cari saja stand yang selalu dipenuhi orang yang sedang mengantri ! Picture 0196. Tab Tim Krob (Red Ruby Dessert)

Ditemukan di sebuah stand di Chatuchak market, semangkuk Tab Tim Krob merupakan es serut yang dicampur water chesnut yang diberi warna pink, sejenis biji candil, “pacar”, sirup dan santan, bisa juga ditambah nangka dan beberapa topping lainnya. Pada saat digigit, water chestnut ini memberi sensasi “crunchy” yang membuat nagih !IMG_4763tub tim krob

7. Dairy Queen

Buat anda yang menyukai ice cream untuk berbuka, jangan lewatkan gerai ini. Biasanya ada di mall-mall besar, disini harga es krimnya sangat murah, 1/3 harga di Indonesia ! Banyak pilihan dari berbagai rasa Sundae, atau banana split tapi yang khas adalah Blizzard, dimana saking tebalnya milkshake tersebut, anda dapat membalikan gelasnya, dan tidak akan ada cairan blizzard yang menetes !

Rekomendasi: green tea blizzardnya ! Ugh enyaaaaak !!! Dan muraaah !!!

IMG_4262

imagesery8. Thai Ice Tea & Thai Green Tea

Ungkapan “berbukalah dengan yang manis” cocok dengan 2 minuman berikut ini. Merupakan “trademark” bagi Thailand sehingga menjadi “merek dagang” teh hitam yang diberi susu kental manis dan berwarna merah bata, yang di Malaysia dikenal sebagai teh tarik.

Cha adalah teh, Yen adalah dingin, sehingga “cha yen” adalah thai tea dingin, sedangkan “cha khiaw” adalah green tea dengan rasa teh sedikit sepet pahit.

Banyak ditemukan di gerobak minuman pinggir jalan, atau paling mudah dan cepat adalah datang ke setiap mini mark et di manapun di Thailand, segelas minuman ini akan membuat anda kangen untuk kembali ke Thailand. thai food

nb: terima kasih untuk pemakaian beberapa foto-foto, dikarenakan hilangnya flash disk berisi 2000 foto report dari Thailand 😦

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s